Sinergi PT INTI Dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Garap Modernisasi Ticketing
JAKARTA – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias INTI menjalin kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Keduanya bersepakat untuk melakukan sinergi pengembangan modernisasi ticketing di lingkungan ASDP melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) yang digelar Jumat (24/11).
“Tujuan besarnya untuk mendapatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Darman Mappangara, usai penandatanganan MOU, di Kantor Pusat PT ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Jumat (24/11).
MOU yang ditandatangani Direktur Utama INTI Darman Mappangara serta Direktur Pelayanan dan Fasilitas ASDP Christine Hutabarat ini merupakan langkah awal peningkatan sinergi kedua belah melalui optimalisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi badan usaha milik negara (BUMN). Rencananya, kerja sama akan mencakup sinergi bidang industri telekomunikasi, elektronika, informatika, kelistrikan, dan energi. Selain itu, kedua belah pihak menyepakati sinergi bentuk lainnya yang relevan bagi kedua pelat merah ini.
Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat menyatakan apresiasi atas kerjasama dengan PT INTI terkait modernisasi sistem ticketing di lingkungan ASDP. Menurut dia, selain dapat meningkatkan performa bisnis dan memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan, kerjasama layanan dalam transaksi e-ticketing ini akan semakin memudahkan pengguna jasa saat membeli tiket ferry.
Dalam kerjasama ini, PT INTI menyediakan perangkat M-POS untuk e-ticketing PT ASDP yang memiliki kelebihan dalam perangkat terintegrasi atau All-In-One Embedded yang meliputi smartphone, mobile printer, e-KTP scanner dan fingerprint. Selain itu, juga dilakukan kerjasama pemanfaatan layanan INTIPay atau alat bantu pembayaran tunai dan non tunai yang terintegrasi dengan aplikasi pencatatan penjualan dan verifikasi kartu identitas elektronik sebagai media alternatif pembayaran dalam pembelian tiket ferry.
“Ini sinergi yang sangat positif. Kerjasama ini juga sebagai wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa dengan memodernisasi transaksi pembelian, sehingga semakin memudahkan pengguna jasa dalam membeli tiket ferry,” tuturnya.
Diungkapkan, dengan adanya perangkat terintegrasi layanan transaksi tiket akan lebih praktis, manifest penumpang lebih akurat karena langsung membaca data dari e-KTP, dan layanan pembayaran INTIPay mendukung rencana PT ASDP dalam penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran tiket.
Sinergi komprehensif ini rencananya akan berlaku selama setahun sejak nota kesepahaman ini disepakati. “Harapannya, kerja sama ini akan berkelanjutan tidak hanya pada induk perusahaan, tapi juga pada anak usaha dan afiliasi,” tutur Darman.