Publikasi & Media
ASDP Indonesia Ferry

...

Publikasi & Media

Antusiasme Pengguna Jasa Meningkat, ASDP Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Reservasi Tiket Online Ajibata-Ambarita

21 Agustus 2022

Ajibata, 21 Agustus 2022 --- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendapatkan respon positif pasca soft launching layanan pemesanan tiket online bagi pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya di Lintasan Ajibata - Ambarita.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, bertepatan dengan peringatan HUT ke 77 RI pada Rabu (17/8) pekan lalu ASDP telah melakukan soft launching layanan tiket ferry berbasis online, dimana pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya lintasan Ajibata - Ambarita dapat melakukan pemesanan tiket online melalui website toba.ferizy.com

"Para pengguna jasa sangat antusias, mereka menyambut baik implementasi tiket online di Ajibata dan Ambarita. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpang ferry yang tiba di Pelabuhan lalu menanyakan tentang cara pemesanan tiket online melalui web reservation toba.ferizy.com," tutur Shelvy. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil pelaksanaan soft launching kemarin, ASDP terus melakukan peningkatan kualitas layanan agar dapat memberikan experience yang lebih baik dan menyenangkan kepada pengguna jasa. 

"Layanan tiket online yang perdana diterapkan pada lintasan Ajibata-Ambarita ini merupakan salah satu wujud komitmen ASDP untuk berperan aktif dalam memajukan Kawasan Danau Toba yang masuk dalam proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan destinasi pariwisata super prioritas. Selain itu, ASDP terus menghadirkan layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman, dan nyaman bagi pengguna jasa, khususnya pada masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19," ujar Shelvy menekankan.

Dalam dua tahun terakhir ini, ASDP terus mengakselerasi program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis online, baik dengan metode pembayaran menggunakan cashless, barcode, dan juga e-ticketing berbasis website.

Adapun dalam penerapan digitalisasi ini, metode penjualan tiket yang sebelumnya hanya bisa didapatkan di pelabuhan sekarang dapat dipesan melalui online. Pembayaran tiket ferry online dapat dibayar melalui berbagai pilihan metode pembayaran seperti :

1. Virtual Account Bank: BRI, Mandiri, BTN, BNI, BCA, Danamon, Permata, CIMB Niaga, BSI, Maspion, Maybank, dan BTPN;

2. Dompet Digital: LinkAja, ShopeePay, OVO, dan DANA.


Demi kenyamanan dan keamanan perjalanan, pengguna jasa harap memperhatikan hal-hal berikut saat proses pemesanan tiket online:

1. Memilih pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan dengan benar. Tiket hanya berlaku di pelabuhan yang sesuai dengan pelabuhan asal yang dipilih;

2. Memilih jadwal masuk pelabuhan (check in) sesuai dengan rencana tiba di pelabuhan;

3. Memilih jumlah penumpang (dewasa, anak, bayi) sesuai dengan jumlah penumpang dalam kendaraan yang akan menyeberang;

4. Mengisi data penumpang dan kendaraan sesuai dengan data diri penumpang dan nomor polisi kendaraan yang akan menyeberang (bila membawa kendaraan). Penumpang yang berhak atas santunan asuransi adalah penumpang sah yang terdata sesuai dengan tanda identitas yang sah.


Selanjutnya, pengguna jasa dapat melakukan check in di pelabuhan sesuai dengan waktu check in yang tertera pada E-Tiket. "Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa ferry, khususnya yang menyeberang di lintasan Ajibata-Ambarita agar melakukan pembelian tiket secara online. Kini naik ferry semakin mudah, aman dan nyaman," ujar Shelvy.

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba yang juga merupakan salah satu dari program pariwisata super prioritas yang digagas Presiden Jokowi. Selain lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak, ASDP juga melayani kawasan Danau Toba dengan rute Muara - Onan Runggu dengan KMP Kaldera Toba, dan lintasan Balige-Onan Runggu yang dilayani KMP Pora-Pora. Ditargetkan, seluruh lintasan di Kawasan Danau Toba ini ke depannya juga dapat menerapakan reservasi tiket online, sehingga akan semakin memudahkan masyarakat.

Harapannya, dengan hadirnya layanan ASDP disini dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.


CORPORATE SECRETARY PT ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO)

Jadwal & Rute
Jadwal & Rute